VIVA Showbiz – Baru-baru ini pemain sinetron El Manik mengungkapkan soal kisah spiritualnya ke publik. Tidak banyak yang mengetahui bahwa artis senior satu ini memutuskan untuk pindah agama dari Kristen ke Islam. Ia mengaku tidak sreg dengan ajaran agama sebelumnya sehingga memutuskan untuk pindah agama. 

El Manik
El Manik© VIVA

Diketahui, El Manik terlahir dan besar dengan ajaran agama Kristen, kedua orang tuanya adalah penganut agama Kristen yang taat. Tapi, besar dalam ajaran agama Kristen membuat dirinya merasa ada yang janggal. Sebab, ia merasa tidak sreg dengan ajaran agama yang diyakini selama ini. 

Yuk scroll ke bawah untuk tahu kisah spiritual El Manik!

Ia pun sempat goyah dan jarang melaksanakan ibadah karena ajaran agama yang dianutnya selama ini tidak sesuai dengan isi hatinya. Hal ini berlangsung cukup alot. Ia kemudian berdoa kepada Tuhan dan meminta supaya bisa dipilihkan agama yang menurut dia cocok dan sesuai dengan kata hatinya.

Menariknya, El Manik justru meminta kepada Tuhan kala itu bahwa dirinya tidak ingin dipilihkan untuk menganut agama Islam. Hal ini karena menurut dia agama Islam terlalu sulit dan cukup berat untuk dilaksanakan. Mengingat dalam agama Islam harus beribadah lima waktu dalam sehari. Sembari menangis, ia terus memanjatkan doa dan meminta jawaban. 

“Saya bingung. Sambil berdoa saya menangis. 'Tolong pilihkan agama yang baik buat saya ya Tuhan. Kalau bisa jangan Islam.' Islam kan berat, lagi enak-enak tidur mesti bangun, shalat. Lima kali lagi shalatnya. Belum lagi puasa. Saya jam sebelas sudah gemetar kalau belum makan," kata El Manik dikutip IntipSeleb dari YouTube Bintang Populer.

Singkat cerita, perjalanan spiritual El Manik dalam mencari agamanya tidak semudah yang diperkirakan. Tapi, berkat peran dalam sebuah film ia justru mantap untuk pindah agama Islam. Hal ini berawal saat dirinya harus melakukan adegan membaca ayat Kursi, padahal ketika itu dirinya adalah pemeluk agama Kristen. 

Hal ini yang membuat El Manik harus mengambil 12 take dan tidak disangka ia justru sangat hafal dengan ayat kursi tersebut. Ia kemudian merasa tertarik saat melihat salah satu temannya yang Muslim rajin sholat dan berpuasa. Temannya itu kemudian mengajak El Manik untuk melaksanakan sholat dan berpuasa. 

Pada awalnya, ia merasa ragu lantaran kolesterol yang dia miliki cukup tinggi sehingga akan sangat sulit untuk melaksanakan puasa. Tapi saat dicoba, El Manik justru kuat melaksanakan puasa dan akhirnya mantap untuk masuk agama Islam sampai saat ini. 

“Dia (teman El Manik) puasa, dia shalat. Satu hari dia ngajak saya buka puasa. Saya tanya dia apa enaknya puasa. Dia tidak menjelaskan pakai dalil agama. Dia pakai pendekatan kesehatan. Saat itu kolesterol saya tinggi. Dia suruh saya puasa. Saya nolak. Mana kuat?," ucap El Manik.

"Jam sebelas saja udah gemetaran. Terus dia mengusulkan puasa Senin-Kamis saja. Akhirnya saya coba. Istri saya heran. Eh, ternyata saya kuat. Pelan-pelan saya tertarik. Saya sering dengar ceramah di TV, radio, sering baca buku. Akhirnya masuk Islam," ungkapnya.